TANAMAN BERACUN DI SEKITAR KITA

by

Taraaaaaa! I’am comiing…kemarin saya sempat mendapat broadcast messages dari teman tentang tanaman beracun, saya jadi tergugah untuk sharing info disini juga. Ada yang suka berkebun atau bermain di taman penuh bunga?hati-hati yaa…ternyata ada beberapa bunga indah di sekitar kita yang cukup berbahaya loh. Walaupun tanaman-tanaman yang biasanya ada di taman terlihat tidak berbahaya, namun tahukah anda, tidak semua tanaman itu aman, jadi pastikan anak-anak anda berada dalam pengawasan yang baik dan terhindar dari racun tanaman-tanaman berikut ini:

1. Castor bean (Biji Kasturi)

1 castor bean

Tanaman yang disebut jarak pagar (Ricinus Comunis) ini ternyata mengandung racun yang  berbahaya bagi manusia loh. Racun yang terkandung dalam biji kasturi ini bernama Ricin. Hanya dengan seujung peniti (500 mikrogram) Ricin bisa membunuh manusia yang tanpa sengaja menelannya karena kemampuan  zat Ricin membunuh sel. Minyak jarak biasanya digunakan dalam pembuatan permen atau coklat, namun jangan khawatir, karena dalam pembuatan permen atau coklat zat Ricin akan terpisah dengan sendirinya saat di ekstraksi menjadi minyak. Tapi bagaimanapun juga, tetap wajib waspada ya.. :)

2. Dieffenbachia (Daun Bahagia)

0 Nah…pasti udah ga’ asing lagi kan dengan tanaman yang satu ini? Daun bahagia sangat mudah ditemukan dimana-mana, bahkan sering sekali ada di pekarangan kita. Mau tahu kandungan racunnya di sebelah mana? Yuk kita bahas berikut ini. Racun dalam tanaman ini terdapat pada getah daun dan batangmya. Sangat berbahaya jika tanpa sengaja termakan daunnya oleh ternak atau anak-anak yang baru belajar menggigit apa saja yang ditemuinya. Racun dalam getah tanaman ini bisa menyebabkan gatal-gatal dan kejang, selain itu jika terkena kerongkongan bisa menyebabkan gangguan saluran pernapasan dan fatalnya bisa menyebabkan kematian. Hal ini disebabkan karena terdapat kandungan kristal Kalsium Oksalat di dalam sitoplasma sel yang disebut Rafida dan bentuknya seperti jarum.

Jadi, sebaiknya jauhkan tanaman ini dari jangkauan anak-anak ya, dan sebisa mungkin beri pengertian untuk tidak sembarangan menelan (mana ngerti ya kalau masih anak-anak…hihi).

3. Rosary Pea (Kacang Polong Rosary)

2 rosary been

Rosary Pea atau Abrus Precatorius ini memiliki racun bernama Abris. Gejala yang ditimbulkan jika termakan, hampir sama dengan gejala keracunan Ricin, hanya saja Abris dua kali lebih fatal akibatnya. Cukup dengan 3 mikrogram Abris bisa membunuh manusia yang memakannya, karena kekuatan 1 molekul Abris yang dapat membunuh 1.500 ribosom per detik (Ribosom apaan yaa..). Sama seperti Ricin racun ini belum ada penawarnya, jadi waspada itu perlu ^^

4. Angels Trumpet (Trumpet Malaikat)

3 angel trump

Pernah melihat tanaman ini kan?tanaman yang berbentuk seperti trumpet ini kalau di kampung saya namanya kecubung, biasanya kalau dibakar akan menimbulkan efek memabukkan kata orang tua semacam ganja sepertinya, makanya terkadang ditanam untuk mengusir nyamuk. Dan ternyata eh ternyata, faktanya tanaman ini memang memiliki zat Hallucinogen, yaitu zat yang dapat menyebabkan seseorang berhalusinasi. Kandungan aktif yang terdapat dalam bunga trumpet adalah atropine hyoscyamine dan scopolamine yang diklasifikasikan kedalam zat penghilang kesadaran dan bersifat addictif seperti narkotika. Sangat berbahaya jika ada yang menjadikan sebagai teh atau bahan makanan, karena jika overdosis bisa menyebabkan kematian.

5. Snakeroot

4 snackrootTanaman ini banyak sekali kita jumpai dipinggir-pinggir jalan atau di kebun, tahu mengapa? karena tanaman ini adalah tanaman rumput yang banyak tumbuh di sekitar kita. Tidak menyangka kan kalau tanaman rumput ini beracun?begitu juga dengan saya..hehe. Snakeroot atau Algeratima Altissima ini mengandung racun Tremetol. Racun ini tidak langsung membunuh pada manusia, namun jika termakan oleh binatang ternak dan menghasilkan susu atau daging kemudian dikonsumsi, maka racun Tremetol akan ikut masuk ke dalam tubuh. Walaupun tidak berbahaya bagi ternak, namun tanaman ini berbahaya bagi manusia, jadi jangan sembarang memberi makan pada ternak ya..

6. Moonseeds (Biji Bulan)

5 biji bln

Mirip sama pohon cincau ya..dilihat dari warnanya kayaknya enak nih. Eits jangan salah, walaupun terlihat manis buahnya, namun tanaman ini ternyata sangat beracun. Meskipun burung bisa memakannya, namun pada manusia bisa menyebabkan kelumpuhan yang fatal. So, jangan tertipu dengan warnanya yang menggoda ya.. ^^

7. Narcissus (Daffodil)

6 daffodil

 

Naaah…kalau tanaman yang satu ini ibu-ibu di rumah pasti seneng deh, selain bentuknya yang cantik, warna-warni juga bunganya yang menarik, tapi teteeep…kudu hati-hati ya. You know why?karena bunga ini mengandung racin pada umbi atau akar simpannya. Memang sih kalau kita kayaknya ga sampai segitunya makan umbi dari bunga ini kalau kelaparan, tapi pernah ada kejadian fatal karena ada orang yang mengira umbi bunga ini adalah bawang. Setelah memakan umbi bunga ini, efek yang ditimbulkan adalah sempoyongan, mati rasa pada seluruh sistem syaraf dan fatalnya kelumpuhan jantung! weeeewwww…

 

 

 

8. Oleander (Bunga Mentega)

7 Oleander

Oke Next…Bunga Oleander atau sering disebut bunga mentega ini memiliki nama latin Nelium Oleander dalam bahasa sunda kalau ga salah namanya kere atau jure gitu, mari silahkan tanyakan pada orang sunda yah…hehe. Tanaman ini mengandung racun yang mematikan walaupun telah dikeringkan sekalipun. Satu daunnya bisa menyebabkan kematian pada orang dewasa karena bisa memperlambat denyut jantung dan menyebabkan gagal jantung. Dan getahnya jika mengenai kulit akan menyebabkan kebas atau mati rasa. Tapi racun ini sudah ada penawarnya dan bisa juga menggunakan obat perangsang muntah untuk mengeluarkan racunnya.

Yupz…itulah tanaman-tanaman beracun di sekitar kita, masih ada banyak tanaman-tanaman lain nyang patut kita waspadai, seperti bunga Rodhodendron, Bunga Azalea, Belladona, English Yew (cemara inggris) dan masih banyak lagi. Kita bahas dilain kesempatan yaaa….waspadalah!waspadalah!yuukkk marii..

7 Responses
  • filia mycandythemes
    March 18, 2013

    wah makasih sudah berbagi say

    • Elia
      March 18, 2013

      iyaaaahh kakak 😀

  • nuraini
    March 13, 2015

    makasih infonya say…keren banget gambarnya.

  • sunoto adi surya
    February 2, 2016

    Trima kasih kang Brow
    Info nya sangat membantu

  • Bibit
    February 23, 2016

    Infonya sangat menarik,,,,selalu ditunggu update-nya yah

  • Reisky
    July 28, 2016

    bisa bantu klarifikasi? ada banyak blog yang bilang lidah mertua bisa menyerap racun, tapi ada satu blog yang mengatakan lidah mertua itu ternyata mengeluarkan racun ke udara kehidupan-liar .blogspot.jp/2013/02/tanaman-hias-berbahaya.html

What do you think?

Your email address will not be published. Required fields are marked *