Writing and Discussing Special for you :)

 
Random Article


The Great Gatsby (2013) sinopsis, movie review

 

 
Overview
 

Genre: , ,
 
story plot
8.0


 
acting
8.0


 
special effect / action
8.0


 
Total Score
8.0
8/ 10


User Rating
2 total ratings

 

Positives


ambisi dan optimisme Jay Gatsby, nice retro/vintage feels

Negatives


many adult dancer, some vulgar scene


0
Posted 2013/05/19 by

 
Full Article
 
 

The Great Gatsby salah satu American fiksi yang sering menjadi acuan literatur sastra di amerika, yang pada awal penulisannya penjualan novel ini sendiri tidak sesukses saat ini, Fitzgerald (pengarang TGG) meninggal pada tahun 1940, percaya bahwa dirinya gagal menulis dan karyanya dilupakan. The Great Gatsby, mengalami perubahan selama Perang Dunia II, dan novel tersebut menjadi bagian dari kurikulum sekolah tinggi dalam dekade berikutnya, atau menjadi salah satu literatur sastra di amerika.

Cerita TGG mengambil seting musim panas tahun 1922 yang dinarasikan oleh Nick Carraway, seorang lulusan universitas Yale dan veteran perang dunia pergi ke new york bekerja, menyewa rumah kecil di long island, desa west egg, bertetangga dengan pemilik mansion jay Gatsby, milyuner misterius yang rutin menyelenggarakan pesta extravaganza. Nick mempunyai sepupu bernama Daisy dan suaminya Tom, mereka mengadakan dinner bersama dan mengenalkan Nick pada Jordan barker, seorang pegolf wanita. Nick pergi ke new york dengan Tom, (suami Daisy)  memiliki affair dengan myrtle. Di New York mereka menemui Myrtle dan melakukan black party yang berakhir dengan pertengkaran Tom dengan Myrtle ketika Myrtle menanyakan tentang daisy.

Musim panas berlangsung, Nick mendapat undangan dari sang tetangga misterius Gatsby, untuk datang ke pestanya. Nick bersama Jordan datang ke pesta, yang pada akhirnya dapat bertemu mr. mysterious Jay Gatsby, Nick dari Jordan, mengetahui bahwa Gatsby mengenal daisy 5 tahun yang lalu, tahun 1917 dan jatuh cinta padanya.

Gatsby meminta Nick untuk menyusun reuni antara dia dan daisy. Nick mengundang daisy untuk minum teh di rumahnya, tanpa memberi tahu bahwa gatsby ada di sana, setelah pertemuan reuni yang akward, gatsby dan daisy membangun kembali hubungannya. Dan suatu malam Tom dan Daisy hadir ke pesta Gatsby. Ketika Daisy bersama Gatsby, Tom yang juga bukanlah suami yang baik, melakukan affair singkat, curiga kepada Gatsby.

the great gatsby

/* flash back */ Gatbsy menghabiskan banyak malam untuk melihat green light di ujung pelabuhan di seberang teluk, tepat di seberang mansionnya, rumah Daisy, dan berharap satu hari dapat membangun kembali hubungannya yang putus. Pesta estravagansa yang dibuatnya rutin dibuat sebenarnya agar dapat menarik daisy dan berharap Daisy akan  muncul suatu saat di gerbang pintu Gatsby.

Gatsby, anak dari keluarga miskin, tetapi memiliki keinginan dan passion yang besar, memutuskan kabur dari rumah di usia 16 tahun, dimana perubahan hidupnya dimulai ketika dia menolong seorang kaya don cotsby  dalam kapal yacht yang hampir karam. Don mengajarkan banyak hal kepada Gatsby, membangun sikap berkelas, ilmu dan wawasan. Akan tetapi dia dicurangi dalam harta warisan oleh saudara-saudara Don ketika Don wafat, dan Gatsby kembali jatuh miskin. /*ending  flash back */

Gatsby memaksa Daisy untuk mengakui hubungan mereka kepada Tom, meminta Daisy mengakui cintanya pada gatsby dan mengatakan bahwa dia tidak pernah mencintai Tom. Dibuatlah suatu pertemuan diluar kota antara mereka, Daisy sangat bingung, dan akhirnya mengatakan bahwa dia mencintai keduanya. Tom yang merasakan hubungan istrinya dengan Gatsby, insult Gatsby, dan mengatakan bahwa Gatsby adalah seorang kriminal, kekayaannya berasal dari penjualan alkohol ilegal, aktivitas ilegal lainnya. Daisy sadar untuk kembali kepada Tom, dan Tom menyuruh kembali Gatbsy dan Daisy pergi kembali ke West Egg.

Suami dan Myrtle, kekasih gelap Tom akan pindah keluar kota, dan mendapati banyak barang berharga milik Myrtle hasil afairnya dengan Tom. Ketika Myrtle kabur keluar rumah mendapati mobil sport kuning Gatsby dan Daisy dan mencoba  menghentikan mereka, tetapi mobil tersebut menabraknya hingga tewas. Nick, Jordan dan tom, mereka menemukan mobil Gatsby menabrak mirtley, menewaskan kekasih gelap Tom, Nick mengetahui bahwa yang menabrak myrtle adalah Daisy, dan Gatsby memilih untuk menyembunyikan fakta dan mengakui kesalahan Daisy. Nick mendapati bahwa Tom dan Daisy berencana untuk keluar negeri menghindari kejadian pembunuhan Myrtle tersebut.

Keesokan harinya Tom memberi tahu suami myrtle, George, bahwa gatbsy yang menaiki mobil sport kuning yang menewaskan Myrtle. Dan menghasut George yang menabrak adalah Gatsby, mengatakan Gatsby adalah Myrtle love’s affair dan sengaja menabraknya agar afair mereka tidak diketahui banyak orang, dan George memutuskan untuk pergi menembak Gatsby.

Endingnya gimana ditonton sendiri aja yee….

Adopsi The Great Gatsby kali ini sukses mengirimkan pesan kepada audiens cinta Gatsby kepada daisy.
How deep Gatsby love to daisy, he build everything for her, membangun rumah di seberang teluk tepat di seberang rumah Daisy, mengadakan extravaganza party rutin, Dimana pesta itu diselenggarakan hanya untuk daisy, yang berharap suatu saat daisy akan datang menghadiri pestanya

Hal yang sedikit mengaburkan adalah, apakah itu cinta sejati ataukah bagian dari ambisi Gatbsy.

5 tahun dia tidak kembali sesudah perang kepada daisy, dia  mengirimkan surat kepada daisy yang isinya adalah, dia meminta daisy untuk menunggu, menunggunya untuk sukses, yang surat tersebut diterima daisy di hari pernikahannya. Daisy yang sudah dalam perjodohan dengan Tom seorang aristokrat, tak kuasa membatalkan pernikahan.

Gatbsy, jiwa penuh optimis, yang bisa dilihat bukan hanya passionnya terhadap Daisy, adalah jiwa yang passionate, yang selalu mendapatkan apa yang dia inginkan.

FacebookTwitterGoogle+tumblrPinterestEmail

candy

 
Avatar of candy
Simply Lovely Charming person who loves candy so much


0 Comments



Be the first to comment!


Leave a Response

(required)