Monster University Review, arti teamwork, dan kerja keras

by

Sekitar 10 tahun sebelum kejadian di Monsters Inc, sejak  TK, tepatnya saat wisata lapangan ke monster inc, Michael “Mike” Wazowski, yang selalu menjadi siswa paling kecil, sedikit yang mau menjadi patnernya (karena dia kecil dan tidak seram), sangat excited, dan diam-diam meyelinap masuk ke pintu dunia manusia untuk melihat kerja monster dewasa (lulusan monster university) ketika sedang bertugas menakuti manusia (mengumpulkan energi takut anak manusia),  dan sejak itu dia memiliki mimpi untuk bersekolah di Monsters University.

monsteruniversity

Beberapa tahun kemudian Mike bahagia akhirnya bersekolah di monster university dan memilih jurusan menakut-nakuti. Scary class (kelas menakuti) adalah kelas yang paling favorit di monster university, Mike ingin mewujudkan impiannya bekerja di monster inc menjadi monster yang hebat dalam menakuti.

Pada hari pertamanya, Mike satu kamar dengan murid yang pemalu kurang percaya diri tapi bercita-cita masuk geng populer, Randall “Randy” Boggs yang memiliki kekuatan bisa menghilang.

Pada hari pertamanya di kelas, mereka berkenalan dengan monster yang naturally talented / dianugerahi bentuk, postur dan silsihlah monster yang menakutkan, bernama James P. “Sulley” Sullivan, yakni keturunan keluarga Sullivan yang terkenal seram, tapi sayang monster besar berwarna biru berbintik ungu ini sangat pemalas.

Mike adalah murid yang sangat rajin, semua ilmu menakuti dikuasai dengan baik, menjadi murid kesayangan dosen, meski sayang, dia naturally text book, bukan praktisi, yang naturally seram, meski secara teknik sangat baik.  Dibandingkan dengan james sullivan yang hanya mengandalkan keseramannya dari lahir, tanpa teknik, membuat dia kurang bersinar dibandingkan dengan mike di kelas. Hal itu membuat Sulley cemburu dengan kecerdasan Mike, dan berniat membuat keributan dengan mike.

Hari ujian pun tiba, untuk menentukan apakah para monster dapat bertahan di kelas menakuti atau tidak, dimana keputusan tersebut berada di tangan  dekan Hardscrabble  (orang yang paling seram di universitas). Kemudian terjadi keributan antara mike dengan sulley, dan dekan mengeluarkan mereka berdua / menolak mereka untuk bergabung di kelas menakuti, karena  setelah menguji Mike naturally tidak sesuai dengan kriteria dekan Hardscrabble, sedangkan Sullivan tidak bisa mengontrol diri tidak menguasai teknik.

Mike yang sangat sedih dikeluarkan dari kelas impiannya memutuskan mengikuti event menakuti, event terbesar di monster university, dimana dia hampir tidak memiliki tim untuk bergabung, tetapi memutuskan mengajak Tim Oozma Kappa (yang terdiri dari mahasiswa abadi Don Carlton yang bertentakel, si nervous yang manis Scott “Squishy” Squibbles, saudara kembar satu badan berkepala dua yang sering tidak cocok, Terri Perry dan Terry Perry). Oozma kappa gank tidak disukai di kalangan  monster university,  karena sangat amat tidak seram, dan cenderung menjadi monster yang manis, namun mike masih kekurangan satu orang untuk mendaftarkan timnya ke event.

James Sulley Sullivan yang sebenarnya desperate dikeluarkan dari kelas menakuti, mengajukan diri untuk bergabung dengan tim Mike. Jadilah mereka team 4 monster yang manis, dan selalu berkonflik antara mike dan sulley untuk bersaing.

Bagaimana sepak terjang tim Mike Wazowski dan Sulley beserta tim Oozma Kappa dalam lomba scary event ?  apakah mereka berhasil menjadi tim yang baik atau banyak hal chaos terjadi? Bagaimana nasib persaingan antara Mike Sulley akankah mereka dapat kembali bersekolah di kelas menakuti ?

Pesan di movie ini, terkadang kita suka menyasar menguasai sesuatu yang bukan naturally bakat kita, Mike Wazowski  salah satunya. Dia berusaha dengan sangat keras dan tekun untuk menjadi seorang monster yang menakutkan meski secara lahiriah bakat tersebut tidak menempel padanya, sangat kontras terlihat pada  Sulley dari keluarga Sullivan,  yang ditakdirkan menjadi monster yang seram / berbakat seram tapi karena tabiatnya yang curang dan pemalas membuatnya susah memahami teknik – teknik dengan menakuti.

Dipesankan juga egosentris yang saling keras tidak akan bagus untuk teamwork, bahwa yang namanya team harus saling mendukung dan memajukan tim.nya, bukan berpikir individu saja, sehingga dapat tercapai tujuan tim itu sendiri. Kerjasama itu perlu diantara mereka yang memiliki kelebihan yang berbeda-beda.

No Comments Yet.

What do you think?

Your email address will not be published. Required fields are marked *