[peserta lomba: Elia] TIPS MENJALANI CINTA JARAK JAUH/LDR (LONG DISTANCE RELATIONSHIP)

by

Sudah selama satu Tahun ini saya dan pasangan saya menjalani hubungan jarak jauh…cieee…udah biasa kali ya yang kayak gitu, tapi tahu ga kalau yang menjalani hubungan itu tidak semuanya bisa bertahan?apalagi jika sampai bertahun-tahun…wow..mungkin para pembaca ga cuma LDR dengan beda pulau aja ya..atau bahkan luar negeri?jempol deh buat semuanya. Mungkin karena dulu saya juga pernah LDR, jadi saya jauh lebih siap untuk saat ini. Tapi ternyata jauh dari dugaan saya, waktu awal-awal LDR ternyata sulit sekali karena cowok saya di tugaskan di daerah terpencil dan jangkauan sinyalnya sangat terbatas. Bagaimana cara saya mengatasi hal ini?yuk simak tips-tips berikut ini:

1. Komunikasi
Komunikasi adalah hal yang paling penting dalam hal ini. Dengan komunikasi maka jarak akan terasa dekat dan LDR bisa dilalui dengan lancar. Kendala yang paling sering terjadi dalam kasus LDR biasanya susahnya mencari sinyal di daerah terpencil dan mahalnya biaya telepon terutama jika dari luar negeri. Jika jarak yang memisahkan adalah beda Negara, mungkin kita masih bisa mengandalkan fasilitas internet, seperti email, Facebook, twitter,camfrog atau video call skype, dsb. Namun apabila LDR dibatasi karena daerah terpencil dan jangankan internet, sinyal saja antara ada dan tiada, sebaiknya gunakan provider dengan jaringan yang menjangkau daerah terpencil. Pastinya jika pasangan kita mau kompakan pake provider yang sama, maka selain lebih murah juga akan lebih mudah. Jika internet dan sinyal HP sama sekali tidak bisa digunakan, maka janganlah sungkan untuk saling berkirim surat, walaupun datangnya agak lama, tapi yakinlah penantian itu akan terobati saat suratnya datang. ^o^

2. Saling Mengirim Paket
Jauhnya jarak saya dengan pacar terkadang membuat saya berpikir tentang makanan di sana, terpikir oleh saya ‘dia sedang makan apa, di sana susah enggak ya nyari makanan seperti ini?’ dengan begitu saya terkadang tidak tega untuk bersenang-senang di sini sementara dia di sana harus bersusah payah untuk makan. Jadi terkadang saya mengirimkan makanan ringan via pos disertai surat/catatan kecil untuknya. Itu akan menjadi Surprise kecil untuknya, meyakinkan dia kalau saya ingin berbagi susah senang dengannya dan selalu mengingatnya walaupun jauh. Pernah suatu kali saya mengirimkan bingkisan tanpa saya lampirkan surat karena terburu-buru, dia bertanya “kok enggak ada suratnya?kan justru suratnya itu yang aku tunggu-tunggu,hehe” begitu komentarnya. Jika perlu kirimkan kado kejutan saat ultahnya, maka kalian akan merasa begitu dekat.

3. Positif Thinking
Demam yang biasa melanda kaum LDR biasanya adalah demam rindu dan cemburu..hehe..curcol lagi deh..dalam keadaan kayak gini alangkah baiknya positif thinking kita terapkan dari awal. Terkadang saat jaringan eror dan tidak bisa menghubungi, kita cenderung khawatir dan berpikir tentang sesuatu yang buruk, jika hal ini terjadi sebaiknya kita mendoakan yang terbaik untuknya. Jangan terlalu panik sehingga pikiran buruk melintas di pikiran kita. Dan apabila cemburu melanda, sebaiknya beralasan dan dipikirkan lagi baik-baik. Pernah suatu saat sms saya tidak dibalas dan telpon pun tidak dijawab, saya sudah khawatir alias galau duluan, setelah itu tak berapa lama dia menelepon “Gunung Rokatenda meletus, ini lagi pada ngungsi, takutnya gempanya bikin tsunami” nah looo…kebayang kan paniknya saya gimana, tak henti-hentinya berdoa dan beruntungnya gunung itu berhenti ‘batuk’. Ah jadi malu kenapa pake galau dan mikir yang enggak-enggak..hehe.

4. Saling Pengertian
Terkadang kita tidak tahu kapan saat pasangan kita sibuk dan kapan saat senggang. Perbedaan waktu satu jam antara tempat saya berada dan tempat pacar saya terkadang membuat kita lupa ‘o iya ya kan beda satu jam’. Dulu kebiasaan saya setiap pagi adalah menjadi alarm saat adzan subuh berkumandang, karena perbedaan waktu ini sekarang keadaan terbalik, jadi Dia yang sekarang gantian menjadi alarm saya setiap pagi,hehe. Saat kesibukan menghampiri, lagi-lagi komunikasi akan menjadi sangat penting, sebaiknya sebelum mengerjakan sesuatu, beritahu dulu pasangan anda kalau anda akan sangat sibuk hari ini, atau anda akan lembur hari ini sehingga mungkin anda tidak sempat memegang HP untuk menghubunginya. Di satu sisi biasanya kita akan mengerti keadaan pasangan yang sedang sibuk, sekali-kali kirimkan pesan singkat untuk menyemangatinya, setidaknya walaupun dia tidak sempat membalas, tapi dia akan membacanya nanti saat dia jenuh dengan kegiatannya dan menjadi semangat kembali.

5. Mencari kesibukan
Masih berkaitan dengan tips no. 4, Jika pasangan anda sedang sibuk sedangkan anda sedang punya banyak waktu luang, biasanya anda akan merasa rindu karena dia tak sempat menghubungi anda. Maka untuk menghindari kegalauan hati anda, buatlah diri anda sibuk seperti pasangan anda, sehingga anda bisa sedikit melupakan pikiran tentang pasangan anda. Kegiatan kecil seperti bersih-bersih, membuat kerajinan, menulis, jalan-jalan dengan teman anda, atau olahraga mungkin akan bisa mengurangi rasa sepi dan rindu yang menghampiri anda.

Nah itu dia tips-tips menjalani hubungan jarak jauh dari saya, Jadi apakah anda masih takut untuk menjalani hubungan jarak jauh?good luck ya, selamat mencoba! ^o^

[quote]Tulisan ini dibuat dalam rangka mengikuti event http://mycandymagz.com/quiz/quiz-lomba-menulis-tips-favorit-yang-membuat-hidupku-lebih-mudah/
[/quote]

No Comments Yet.

What do you think?

Your email address will not be published. Required fields are marked *