Tips Praktis Mengatur Keuangan bagi Mahasiswa

by

Untuk seorang mahasiswa, uang bulanan itu amat sangat berharga sekali *oke, lebay*. Godaan untuk menghabiskan uang tersebut dalam waktu cepat juga sangat besar. Mulai dari komik, pakaian, gadget, dan hal-hal lain yang mau tak mau harus mengorbankan uang bulanan. Tentu saja kita tidak mau uang bulanan yang berharga itu berlalu begitu saja, tapi juga ingin kesenangan kita dikorbankan. Jadi bagaimana caranya ?

Caranya adalah kita harus pandai memilah-milah kebutuhan. Buatlah prioritas mana yang paling penting, itu yang didahulukan. Jadi misalnya, suatu saat kita membutuhkan sebuah buku untuk kuliah dan di saat yang sama komik kesukaan kita baru terbit padahal edisi terbatas, mana yang lebih utama ? Tentu saja buku kuliah, ‘kan ? Jadi kita prioritaskan uang yang kita miliki untuk membeli buku kuliah itu. Jika ada sisa, barulah kita membeli komik yang kita inginkan – itupun masih harus memikirkan kebutuhan yang lain.

“Tapi saya juga ingin membeli barang lain . . . “

Jika memang ada barang yang diinginkan selain yang diprioritaskan tadi, satu-satunya jalan adalah menabung. Klise memang, tapi mau tak mau itulah yang harus dilakukan. Kalau perlu, buatlah pos-pos tertentu sesuai keperluan. Jadi sediakan beberapa amplop atau tempat uang, tulis dengan keperluan atau barang yang diinginkan serta besar uang yang harus dikumpulkan, isi dengan jumlah tertentu tiap hari / bulan / atau minggu (sesuaikan dengan waktu menabung yang ditetapkan). Jika ingin lebih rinci, tulis jumlah uang yang dimasukkan, dari situ akan diketahui berapa banyaknya uang yang terkumpul. Jika memang sesuai yang diinginkan, silakan diambil dan dipergunakan sebagaimana mestinya. Untuk penulisan jumlah yang diinginkan ini tidak berlaku jika itu tabungan – kecuali memang menargetkan jumlah tabungan tertentu.

Sempatkanlah menabung meski tidak tentu jumlahnya. Tabungan yang terkumpul bisa saja berguna di masa depan. Yang jelas, jangan ambil uang tabungan kecuali sangat terpaksa atau memang sudah sesuai dengan target yang diinginkan.

Sedikit ribet memang, tapi ini sangat berguna untuk mengatur keuangan. Jika kita bisa mengatur uang bulanan yang kita miliki, maka kemungkinan kita menghadapi masalah karena pengeluaran atau pemasukan yang tak terkendali dapat diminimalisir. Semoga berguna ^^

No Comments Yet.

What do you think?

Your email address will not be published. Required fields are marked *