Membuat Map Dokumen Sendiri

by

Butuh map dokumen tapi tidak ada yang sesuai ukuran kertas yang diinginkan ? Kenapa tidak membuatnya sendiri ? Caranya sangat mudah dan yang pasti ramah lingkungan 

Alat dan Bahan :
1. Sampul buku gambar yang tidak terpakai (Saya pakai sampul dari dua buku gambar ukuran A3)
2. Kertas kado atau kertas sejenis yang akan dipakai untuk membungkus map
3. Pita (bisa membuat sendiri atau ambil dari undangan yang tidak dipakai)
4. Steaples
5. Lem kertas
6. Double tape
7. Gunting

MAPDIY

Cara membuat :
1. Tentukan terlebih dahulu ukuran map yang diinginkan. Saya sendiri membuat map dengan ukuran yang lebih besar sedikit dari A3 dikarenakan besarnya kertas/dokumen yang akan saya masukkan lebih besar sedikit dari A3 tapi bukan A1 atau A0.
2. Satukan ujung-ujung sampul buku gambar dengan menggunakan steaples setelah sebelumnya diukur sesuai dokumen/kertas yang akan dimasukkan. Saya membuatnya dengan format horisontal sehingga hanya perlu menempelkan sisi-sisi sampul buku gambar yang pendek.
3. Siapkan kertas kado, bungkus map tersebut tapi sisakan bagian yang akan digunakan untuk memasukkan kertas/dokumen (posisi horisontal agar lebih mudah membungkusnya). Agar lebih kuat, dapat menggunakan double tape yang ditempelkan disampul buku gambar yang akan dibungkus. Rapikan sisi kertas kado yang tersisa. Jika terlalu panjang, dapat dipotong, dilem, atau dimasukkan ke dalam map (untuk sisi yang akan digunakan sebagai tempat keluar masuknya dokumen).
4. Agar lebih manis, tempelkan pita yang telah disiapkan di map yang sudah jadi.
5. Selesai. Map sudah dapat digunakan. Mengingat ini dibuat dari kertas, tentunya kekuatannya tidak sebaik map-map dokumen lain yang dibuat dari bahan selain kertas. Namun, map ini dapat digunakan seandainya dokumen yang dibawa hanya beberapa lembar dan tidak boleh sampai terlipat atau rusak (misalnya gambar, foto, atau hasil rontgen ukuran A3). Selamat mencoba ! ^^

 

2 Responses

What do you think?

Your email address will not be published. Required fields are marked *