Membuat Scrapbook Sederhana

by

Scrapbook_4

Ketika membereskan rak beberapa waktu yang lalu, saya menemukan sebuah kartu nama sebuah kafe di mana saya dan teman-teman saya memotret ruangannya untuk tugas kuliah. Tak hanya itu, ternyata saya menyimpan tiket masuk sebuah arena wisata yang saya dan keluarga datangi ketika lebaran, beberapa batang semanggi berdaun empat yang saya petik ketika mudik ke desa bapak saya, kartu perkalian jaman SD yang bergambar ‘siluman ular putih’ *ketahuan deh saya setua apa XD*,dan beberapa benda yang bagi saya memiliki kenangan tersendiri. Dan karena menumpuk, saya memutuskan untuk menyatukannya dalam sebuah scrapbook.

Scrapbook. Pastinya tidak asing dengan kata ini. Scrapbook biasanya identik dengan foto-foto yang ditempel di sebuah album, diberi hiasan atau stiker dan tidak lupa kata-kata yang mengingatkan kita dengan momen saat itu dan scrapbook yang saya buat ini prinsipnya sama, sebagai pengingat tempat-tempat yang pernah saya datangi atau sesuatu yang menurut saya berharga meski bagi sebagian orang mungkin tidak ada nilainya. Saya baru beberapa bulan membuat scrapbook ini dan yang paling baru adalah ketika saya menemukan sayap kupu-kupu yang begitu indah di tempat parkir setelah membantu mengisi workshop fotografi di SMA saya (waktu itu saya hanya menemukan satu sayap kupu-kupu tanpa ada bangkai si kupu-kupu itu jadi saya nggak menyiksa hewan lho ya).

Bahan-bahan :
alat & bahan

1. Album yang akan digunakan untuk menempel (bisa album apa saja. Milik saya merupakan sisa kertas yang tadinya mau dibuat portofolio tugas kuliah dan karena saya sayang, saya putuskan untuk di jilid ring agar bisa digunakan lagi).
2. Benda yang akan ditempel, bisa berupa tiket, logo, dsb. (saya menyiapkan sayap kupu2 yang saya temukan dan mika bening yang terdapat di kotak skincare yang sudah tak terpakai)
3. Double tape / lem
4. Gunting
5. Pulpen berwarna dan stiker sebagai hiasan.

Cara membuat :
1. Ambil benda yang akan di tempel (kalau saya, sayap kupu2 yang saya temukan tadi), letakkan di lembar album yang akan ditempel.

2. Sayap tersebut bisa langsung ditempel dengan menggunakan lem atau jika sayang, bisa memanfaatkan mika bening untuk melindungi benda yang akan ditempel. Potong sesuai ukuran, beri double tape, kemudian tempelkan di atas sayap tadi.Scrapbook_3

3. Agar lebih menarik, kita bisa menambahkan stiker atau gambar yang kita buat sendiri dan juga kata-kata yang ingin kita tulis di halaman tersebut. Bisa juga ditambahkan foto-foto kita sendiri. Milik saya sengaja tidak (atau belum) diberi foto karena scrapbook yang isinya foto-foto sudah ada sendiri.
Scrapbook_4

4. Scrapbook sudah jadi. Jika masih ada lembar kosong, bisa kita gunakan seandainya di masa depan ada benda atau hal-hal menarik yang ingin kita tempelkan di situ. Agar lebih rapi dan tererganisir, kita bisa memberi judul pada halaman yang menggambarkan apa yang kita tempel di situ. Misalnya halaman ‘Childhood Memory’ berisi benda-benda yang dapat mengingatkan kita tentang masa kecil kita atau . Gunakan kreativitas dan imajinasi kita, pasti hasilnya akan di luar dugaan. Selamat mencoba^^

scrapbook1

9 Responses
  • Dhea anggita
    May 23, 2014

    Tanya dong, itu bukunya emang bikin atau beli? Bukunya item semua kertasnya hehe

    • AnggitAsakura
      May 27, 2014

      bukunya bikin sendiri, kertas yang dipakai kertas linen warna hitam (:

      • B
        October 22, 2014

        Cara bikin bukunya gimana ya? Thx

        • AnggitAsakura
          November 3, 2014

          Siapkan beberapa lembar kertas linen, banyaknya sesuai yang diinginkan. Untuk memotong dan memasang ring-nya, bisa minta tolong ke percetakan atau tempat fotokopian.

  • Atall CeeL
    June 24, 2014

    keren nih, salam kenal ya :))
    https://parkchanyoungimnida.wordpress.com

  • dewi rosalia
    June 25, 2014

    kertas linen itu apa ya? thanks

    • candy
      July 2, 2014

      coba cari di gramedia/toko stationery dik dewi, aneka ragam jenis kertas, menurut saya itu sejenis tipe kertas bertekstur khusus, cmiiw yaa

      • AnggitAsakura
        November 3, 2014

        Iya, kertas linen itu sejenis kertas yang memiliki tekstur sedikit kasar. Kalau misal di toko stationery tidak ada, coba cari di toko khusus yang menjual berbagai macam kertas

  • Raissa Aline Natasha
    January 28, 2015

    Beli kertas linenny
    a kalau di Tanjung Pinang dimana ya karena waktu tanya di tempat fotokopi mereka malah jadi bingung thanks

What do you think?

Your email address will not be published. Required fields are marked *