Yang Harus dipertimbangkan Sebelum Membeli kamera

by

Kamera. Siapa yang tak tahu tentang benda yang satu ini ? Semua orang pasti mengenalnya. Jenisnya juga bermacam-macam meski pada dasarnya memiliki fungsi yang sama, yaitu memotret. Karena jenisnya inilah, terkadang seseorang bingung ketika akan membeli kamera. Berikut sedikit hal yang bisa menjadi pertimbangan sebelum membeli kamera :

  • Sesuaikan kebutuhan

Yup, mungkin kedengarannya sepele. Tapi ketika kita tahu fungsi kamera yang akan kita beli untuk apa, kita dapat dengan mudah memutuskan tipe kamera apa yang akan dibeli. Jika kita memerlukan kamera hanya untuk dokumentasi suatu acara kantor atau keluarga, tentunya kita tidak memerlukan kamera tipe DSLR atau medium format yang harganya lebih mahal. Akan berbeda kasusnya jika kita bekerja sebagai wartawan, fotografer, atau bidang lain yang memerlukan kecepatan serta ketepatan dalam memotret, kamera saku tentunya tidak cukup.

  • Budget

Lihat budget anda. Berapa uang yang ada untuk membeli kamera ? Saat ini sudah banyak kamera yang harganya kurang dari 1 juta dan banyak juga yang lebih dari 1 juta. Biasanya, semakin canggih / banyak fitur yang ditawarkan maka harganya juga semakin tinggi. Ini berlaku bagi semua tipe kamera.

  • Merk

Terkadang, merk juga berpengaruh pada produk kamera yang dijual. Beberapa merk kamera memang sudah terkenal di dunia fotografi tapi ini tak bisa sepenuhnya bisa dijadikan pegangan karena merk-merk baru dengan kualitas yang baik juga bermunculan.

  • Survei dulu sebelum membeli

Setelah memutuskan mau membeli kamera tipe apa, lihat dulu di internet atau survei langsung ke toko kamera. Tanyakan tentang fitur apa saja yang diberikan oleh kamera yang akan dibeli. Mendengarkan saran dari penjaga toko kamera yang didatangi juga bisa karena terkadang mereka yang bekerja di toko kamera jauh lebih berpengalaman dan mengerti mengenai seluk-beluk kamera. Dengan survei terlebih dulu, kita akan lebih mengenal kamera yang akan dibeli.

Semoga tips di atas bermanfaat, selamat membeli kamera ^^

[/one_third]

10 Responses
  • candy
    January 22, 2013

    untuk berjualan di toko online kira-kira kamera apa yang cocok ya sista?

    • AnggitAsakura
      January 22, 2013

      maksudnya untuk dijual atau untuk memotret barang yang dijual di toko online ? *maaf, lagi ga connect*

      • candy
        January 22, 2013

        untuk kebutuhan memfoto produk dagangan mba’ yang paling bagus kira-kira apa ya, apakah perlu beli latar dan lightingnya juga kira2?

        kalau untuk starter yang paling cocok apa ya mba’

        tquu

        • AnggitAsakura
          January 25, 2013

          Pakai kamera saku biasa bisa kok. Untuk pencahayaan, bisa memanfaatkan pencahayaan alami, seperti cahaya matahari atau cahaya buatan seperti lampu *tapi pastikan cahaya lampu tidak mempengaruhi warna produk yang difoto*.

          Untuk starter, ya ? Tipe2 seperti Canon 1000D atau 550D sekalian. Tapi kalau budgetnya tidak mencukupi, bisa juga tipe2 prosummer. Bedanya dengan DSLR, prosummer itu lensanya tidak bisa dilepas/diganti seperti DSLR. Semoga membantu…

          • candy
            January 25, 2013

            makasih tipsnya Anggita, maklum, teman saya penjual online :)

          • Elia
            January 28, 2013

            sist @candy, dia —>@AnggitAsakura kuliah di fotografi loh,ahlinya,haha πŸ˜€
            *promosi*

          • candy
            January 28, 2013

            waah sukses yaa

          • AnggitAsakura
            January 28, 2013

            @Kinelia : Aku masih dalam tahap belajar, kok….belum ahli…..

          • AnggitAsakura
            January 28, 2013

            Sama2^^
            Tapi emang sih, kalau mau hasilnya lebih bagus ya budget untuk motret juga kadang ‘lebih’ juga. Intinya, selama kreatif dan bisa memaksimalkan alat yang sudah ada, hasilnya pasti bisa bagus *copas perkataan teman*.

What do you think?

Your email address will not be published. Required fields are marked *