6
Posted 2013/02/24 by Elia in bacaan
 
 

Perkembangan Bahasa Gaul, Dari Jaman Baheula Sampai Sekarang

gaul
gaul

gaulKali ini saya mau ikut bercerita hanya untuk sekedar bertukar informasi sama mengenang masa-masa saat bahasa gaul booming di Bumi Indonesia yang notabene kaya akan berbagai bahasa termasuk bahasa gaul…xixixi. Namanya juga bahasa gaul, pasti adaa aja perkembangannya. Walaupun terkadang agak menyimpang dari bahasa Indonesia yang baik dan benar sesuai EYD (halah jadul banget EYD..hihi) tapi bahasa gaul juga termasuk bentuk kreatifitas anak muda jaman dulu dan jaman sekarang. Penasaran kaan, kenapa jaman dulu juga ikut kreatif dengan bahasa gaul?yuk mari kita cek sama-sama tingkat kegalauan eh kegaulan berikut ini, Cling!

2. Bahasa Gaul ala Debby Sahertian

“Duuh…akika lapangan terbang bambaang deh..” , “Haaa??Sherina lo, boo?”, “Ya ampyuun…cucok deh bo sama yey..” hehehe…bingung ya…jangan salah sangka dulu, ini bukan ada demo salon atau waria ngamen, loh…hihi. Kalimat itu artinya “Duh…aku laper banget deh” “haa??serius lu?” “ya ampun, cocok deh sama kamu”. Konon ceritanya dulu di Tahun 2000-an sempet ada bahasa gaul kayak gini nih. Entah gimana ceritanya bisa muncul ke permukaan, tapi Debby Sahertian sampai bikin Kamus Bahasa Gaul ini loh. Kalau sekarang entahlah bagaimana nasib kamus itu, akika ga’ ngerti deh boo..

3. Bahasa G

Agadaga yagang igengeget gaga sagamaga bagahagasaga gagaugul yagang sagatugu iginigi?bagahagasaga iginigi dugulugu segempeget ngegetregen bagangeget logoh…dugulugu sigih pagas dagakugu magasigih Segekogolagah SD nigi bagahagasaga gagaugul ngegetregen agabigis….halah capek juga yah ngomong kayak orang gagap gini, haha. Nah..ada yang inget bahasa ini ga?kalau bingung, ilangin suku kata yang ada unsur G-nya. Dulu waktu saya SD, bahasa ini sempet keren banget kalau didenger, kayak bahasa sandi rahasia gitu. Kalau yang udah lancer pakai ni bahasa, berguna banget kalau yang suka ngegosipin orang atau curhat-curhatan gitu, dijamin yang dengerpun paling Cuma bengong sambil mikir bahasa alien mana nih gerangan. Bukan disitu saja, bahasa G ini telah berkembang dan huruf G juga bisa diganti dengan huruf konsonan lain, asal yang meggunakan sama-sama ngerti aja…hihi.

4. Bahasa Kilab

Bahas Kilab alias bahasa balik ini pasti udah nggak asing lagi bagi anak gaul ibu kota. Bahasa ini adalah bahasa yang berasal dari kata yang di balik-balik, sebagai contoh pacaran jadi naracap, selow jadi woles. Kalau tetangga ane di Jawa nih biasanya dipake buat nulis status di f b, entah biar  orang-orang pada koment atau bikin penasaran, atau Cuma buat nyamarin kata kasar, seperti  “hacep esadn”…hihi..silahkan artikan sendiri ya…

5. Bahasa 4lay

Bahasa yang satu ini fenomenal banget nih. Pasti udah pada tahu kan yang namanya bahasa alay??bahasa ini ngetren pas HP mulai merajalela. Biasanya sih anak-anak yang baru punya HP agak norak-norak kreatif gitu, jadi kalau ngetik sms, huruf sama angka digabung-gabungin biar keren.  “yuhuuyy, t4hu 9a, h4r1 !n1 kuc1N9ku n9l4h!r1n l0h…4n4kny4 $w33t-$w33t b4Ng3D d3chh..” konon katanya bahasa kombinasi huruf dan angka ini pertama kali dipakai oleh hacker loh…waaaaww..

Selain menggunakan kombinasi huruf dan angka, bahasa alay juga menggunakan kata-kata yang agak belibet dan susah dicerna oleh pencernaan manusia, misalnya “cemungudh eaa..” atau “hay guuyz…tahu gag…gue bête sangadh, adha yangh mo nemenind akuh maend gag?eh..eh..adha yg nal nom inih gag?ri tadi mizzcall2 agku tyuz, bête dw3h, lo adha yg tw, cemez quw yaw..mukucieh”

That’s right…really kreatif tapi bikin capek bacanya, haha.

6. Bahasa (sok) imut dan (sok) kiyut

Ga’ Cuma bahasa orang dewasa aja nih yang gaul…sekarang bahasa balitapun ikut-ikutan ngetren, bahkan sampai dipakai buat iklan…yuk cuzzz…langsung aja, contohnya kayak “unyu-unyu” “ciyus” “miapah” “aneenn”  dan lain-lain.

7. Bahasa gaul ala instagram

Mau tahu bahasa ala instagram kayak apa?kayak gini nih….#bahasa #gaul #ala #instagram #adalah #bahasa #yang #kata-katanya #dikasih #hastag #atau #tanda #pagar, #jadi #setiap #kata #yang #kita #ketik #semuanya #menggunakan #tanda #pagar #di #depannya #untuk #memudahkan #pencarian #di #instagram. #bahasa #ini #mulai #populer #sejak #adanya #twitter. #biar #jadi #trending #topik #atau mudah #nyari-nyarinya. #tapi #lama #lama #capek #juga #ya #kalau #harus #ngetik #kata #kata #pakai #tanda #pagar #gini, #pegel #pegel #gimana #gitu, #daripada #harus #ngetik #pake #tanda #pagar #gini #mendingan #aku #pagarin #hati #kamu #trus #kamu #pagarin #hati #aku #trus kita #pagar #pagaran #deh… #eeeeaaaaaaa…

sumber: www.nyunyu.com

FacebookTwitterGoogle+tumblrPinterestEmail

Elia

 
Avatar of Elia
Manusia dudul yang sedang mencoba kreatif :D *agak memaksa*