Resep Mizuyokan Sweet Bean Gelée

by

Jadi ceritanya seminggu yang lalu saya liat ‘Dining with The Chef !’ di NHK World dan menemukan resep ini. Intinya sih, ini adalah puding yang dibuat dengan menggunakan pasta kacang merah. Idealnya, kacang merah yang digunakan adalah kacang Azuki, tapi karena di tempat saya tidak ada *maklum, di gunung dan kota kecil* maka saya pakai kacang merah biasa. Hasilnya tidak mengecewakan kok, tetep manis meski tampilannya mungkin sedikit aneh *karena kata Ibu saya warnanya jadi abu2*

Jadi berikut resep yang sudah saya terjemahkan dengan bahasa saya, originalnya ada di : http://www.nhk.or.jp/dwc/recipes/detail/16.html

Untuk membuat pasta kacang merahnya, saya dapat resepnya dari sini : http://oishidesuyo.blogspot.com/2012/12/pasta-anko-sweet-red-bean-paste.html

Bahan (untuk 5 porsi) :
500 ml air
4 gr kona-kanten (agar bubuk)
150 gr gula pasir
Sedikit garam
Es batu (untuk penyajian)
Daun maple (untuk hiasan)

Cara membuat :
1. Tuang air dan kona-kanten di dalam sebuah panci dan campurkan. Tunggu sampai mendidih dan didihkan selama 2-3 menit.
2. Tambahkan gula pasir dan didihkan 1-2 menit.
3. Campurkan pasta koshi-an dan matikan api. Tambahkan garam dan campur.
4. Tuang adonan ke sebuah mangkok dan tempatkan di air es untuk mendinginkannya. Tuang ke cetakan dan tutupi dengan plastik. Dinginkan di lemari es selama satu jam.
5. Masukkan es batu dan air ke dalam mangkok besar. Pindahkan gelée dari cetakan dan biarkan mengambang di dalam air tersebut. Hias dengan daun maple.

1395350_10202341128717614_1907135277_n

Nb. Karena saya pengennya praktis, jadi saya menuang adonannya langsung ke sebuah cetakan seperti kalau membuat puding biasanya. Maafkan saya atas kualitas fotonya, soalnya waktu itu pas kamera sedang entah ke mana jadi ya motretnya pake ponsel. Selamat mencoba, semoga berhasil dan hasilnya seperti yang di resep originalnya :)

4 Responses
  • candy
    October 22, 2013

    wow keren! bisa dikirim ke bandung gak ya nich 😉

    • AnggitAsakura
      October 23, 2013

      Bisa2 aja, tapi khawatir ntar nyampe sana malah hancur karena itu ‘kan lunak hehehe. . . . bikin aja mbak, gampang banget kok, lagian di bandung kemungkinan bisa nemu kacang Azuki-nya dan siapa tahu hasilnya bisa kayak yang diposting di resep yang aslinya.

      • candy
        October 24, 2013

        oh gitu rasanya bakal beda kalau pakai kacang azuki aslinya ya dear, tfs yaa, nnti pas ngemoll aq lihat ya, kalau dipasar mgkn jarang ya kacang azuki :)

        • AnggitAsakura
          October 24, 2013

          mungkin rasanya mirip2 kayak es ogura yang dijual di H*kb*n itu, kalo ga ya nyari di toko bahan2 yang khusus menjual bahan masakan jepang *kalau ada*. Selamat mencoba^^

What do you think?

Your email address will not be published. Required fields are marked *